BERITA TERBARU

BERITA POPULER

Dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rengat menyelenggarakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa dalam bentuk Cerdas Cermat Perbendaharaan.
Peserta kegiatan ini adalah seluruh satuan kerja mitra kerja KPPN Rengat yang tersebar di tiga kabupaten yaitu kabupaten Indragiri Hulu, kabupaten Indragiri Hilir, dan kabupaten Kuantan Singigi. Dari sekian banyak satuan kerja yang mendaftar, terpilih enam satuan kerja yang berhak untuk ikut bertanding dalam cerdas cermat ini, enam satuan kerja tersebut antara lain:
1.    Pengadilan Negeri Tembilahan kabupaten Indragiri Hilir
2.    Badan Narkotika Nasional kabupaten Kuantan Singingi
3.    Komisi Pemilihan Umum kabupaten Indragiri Hilir
4.    Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangean kabupaten Kuantan Singingi
5.    Komisi Pemilihan Umum kabupaten Indragiri Hulu
6.    Badan Pusat Statistik kabupaten Indragiri Hulu
Setiap tim yang bertanding terdiri dari tiga orang pejabat perbendaharaan. Dari enam tim tersebut, empat diantaranya menurunkan Kuasa Pengguna Anggarannya langsung sebagai peserta. Selain peserta yang bertanding, seluruh satuan kerja mitra kerja KPPN Rengat juga diundang untuk menghadiri kegiatan ini dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman para pejabat perbendaharaan di bidang pengelolaan keuangan negara.
Dewan juri dalam cerdas cermat ini terdiri dari tiga orang, dua diantaranya didatangkan dari kantor pusat Ditjen Perbendaharaan. Tiga dewan juri tersebut antara lain:
1.    Syafriadi, S.E., M.Ec., Ph.D. (Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setditjen Perbendaharaan)
2.    Agung Yulianta, S.E., M.Si. (Kasubdit Harmonisasi Peraturan Perbendaharaan Direktorat Sistem Perbendaharaan)
3.    Hermawan Sukoasih, S.Sos., M.E. (Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Rengat)
Kegiatan cerdas cermat yang terbagi dalam dua babak ini berlangsung seru dan terjadi persaingan sengit dalam memperebutkan poin, khususnya pada babak kedua yang merupakan babak cepat tepat. Seluruh pertanyaan berkaitan dengan berbagai aspek pengelolaan keuangan negara, mulai dasar hukum, standart operating procedure (SOP), hingga sisi teknologi dari pengelolaan keuangan negara.
Setelah melewati dua babak yang sengit, satuan kerja Pengadilan Negeri Tembilahan mendapat poin tertinggi dan keluar sebagai juara pertama, juara kedua didapat oleh Badan Narkotika Nasional, dan posisi ketiga ditempati oleh Komisi Pemilihan Umum kabupaten Indragiri Hilir. Pihak perbankan yang merupakan sponsor kegiatan ini diminta untuk menyerahkan piala penghargaan dan hadiah kepada para pemenang.
Acara cerdas cermat ini cukup mendapat perhatian dari media. TVRI provinsi Riau hadir meliput kegiatan dari awal hingga akhir dan akan ditayangkan di TVRI channel Riau dengan durasi satu jam. Dengan ditayangkannya kegiatan ini di media televisi, diharapkan dampak positif dari kegiatan ini tidak hanya pada pejabat perbendaharaan pada satuan kerja lingkup KPPN Rengat, namun juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat luas tentang pengelolaan keuangan negara. Selain itu juga diharapkan kegiatan ini dapat memperkenalkan kepada masyarakat terkait tugas, fungsi, serta prestasi yang telah diraih oleh Ditjen Perbendaharaan.

Berikut galeri kegiatannya :